WASPADA NYERI KEPALA

nyeri kepala

 

 

 

Banyak penderita nyeri kepala cemas bahwa nyeri kepala yang dialaminya merupakan tanda atau disebabkan oleh gangguan medis yang serius. Nyeri kepala merupakan suatu gejala subyektif. Diagnosis secara akurat bergantung pada informasi deskripsi nyeri kepala dari penderita. Deskripsi nyeri kepala yang baik dan pemeriksaan penunjang diagnostik yang akurat seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI) sangat membantu dalam keakuratan diagnosis dan pada akhirnya membantu untuk menentukan keberhasilan pengobatan.

Secara garis besar menurut International Headache Society, nyeri kepala dibedakan dalam dua kelompok, yaitu nyeri kepala primer dan sekunder.

Nyeri kepala primer adalah nyeri kepala yang tidak disertai oleh penyakit penyebab nyeri kepala lain. Jenis ini terbagi menjadi empat :

  1. Migren (nyeri kepala berdenyut, umumnya sesisi kepala, intensitas sedang hingga berat, dan dapat disertai mual atau muntah, fotofobia dan fonofobia),
  2. Tension-type headache (penderita biasanya mengeluh kepala seperti ditekan, diikat, atau kepalanya terasa berat dan pegal; kadang disertai oleh rasa pegal, nyeri, atau kaku pada otot-otot leher),
  3. Cluster headache (ditandai dengan nyeri kepala hebat sesisi kepala, umumnya menetap di kiri atau kanan, terjadi antara 30 dan 90 menit; berulang dua hingga enam kali sehari; berlangsung selama beberapa hari atau minggu),
  4. Nyeri kepala lain yang tidak berhubungan dengan lesi struktural (antara lain nyeri kepala yang timbul akibat rangsangan dingin, batuk, setelah olahraga, ataupun nyeri kepala yang berkaitan dengan aktivitas seksual).

Nyeri kepala sekunder adalah nyeri kepala yang disertai oleh penyakit tertentu, baik di sekitar leher dan kepala maupun penyakit sistemik. Nyeri kepala sekunder dapat ditimbulkan oleh beberapa keadaan :

  1. Pasca-cedera kepala,
  2. Gangguan pembuluhdarah otak seperti stroke perdarahan,
  3. Anomali pembuluh darah (AVM, aneurisma),
  4. Tumor otak,
  5. Infeksi dan peradangan otak,
  6. Infeksi dan peradangan sistemik atau di bagian tubuh lain,
  7. Gangguan metabolik dan nyeri kepala yang disebabkan oleh gangguan struktur di sekitar kepala, yaitu mata, gigi, mulut, telinga, hidung, leher, dan lain sebagainya.kasi

Jika Anda pernah mengalami salah satu dari berbagai jenis nyeri kepala diatas, segeralah konsultasikan dengan dokter kami.

 

Comments are closed.